CBU dan CKD Istilah yang Perlu Dipahami Sebelum Membeli Mobil

Mahalnya harga mobil biasanya dipengaruhi oleh lokasi pembuatan mobil itu sendiri. Berkenaan dengan hal ini, dalam dunia otomotif sendiri dikenal dengan istilah CBU, dan CKD. Ketiga istilah ini merupakan metode produksi dan perakitan kendaraan.

CBU dan CKD

CBU adalah / istilah CBU sendiri adalah kepanjangan dari completely built up. Biasanya mobil dengan kode ini diimpor langsung dari negeri asalnya dalam kondisi lengkap.

Biasanya, mobil CBU memiliki harga yang lebih mahal di pasaran. Hal ini karena biaya impor atau ekspor yang tinggi.

Mobil CBU umumnya mobil kelas atas dan belum memiliki manufaktur sendiri di Indonesia. Contohnya seperti Ferrari, Porsche, Lexus, Lamborghini dan lain-lain.

Istilah yang kedua adalah CKD atau completely knocked down. Ini adalah mobil yang diimpor dari negara asalnya dalam keadaan komponen lengkap. Nantinya, komponen tersebut akan dirakit di negara pengimpor hingga menjadi sebuah mobil utuh.

CBU dan CKD

Mobil CBU dan CKD tidak hanya berbeda dari segi tampilan saja. Namun, juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

CKD

Kelebihan

Harga lebih murah

Seperti yang telah dikatakan di atas, mobil CKD merupakan mobil yang diimpor dalam keadaan komponennya saja. Kemudian, mengalami perangkitan di negara pengimpor.

Ini berarti, produksinya sendiri dilakukan di dalam negeri. Sehingga membuat harganya menjadi jauh lebih murah

Mudah perbaikan dan perawatan

Karena mobil ini diproduksi dalam negeri, umumnya untuk mendapatkan spare partnya juga tidak susah. Banyak bengkel-bengkel resmi mudah ditemukan di seluruh kota. Sehingga, memudahkan Anda dalam melakukan perbaikan dan perawatan.

Spare-part mudah didapat

Biasanya, para pemegang merek dari sebuah mobil juga memproduksi spare-part setiap kendaraan yang ada. Jadi, Anda tidak perlu khawatir, jika melakukan pergantian sebuah komponen mobil.

Kelemahan

Meski tidak bisa dikatakan buruk, mobil CKD lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas. Sehingga sistem kontrolnya sedikit lebih longgar daripada mobil CBU

CBU

Kelebihan

Harga juga tinggi

Karena produksi terbatas, umumnya penjualan kembali mobil CBU lebih tinggi daripada saat membelinya

Performa jauh lebih baik

Tenaga dan spesifikasi komponen mesin jauh lebih baik dibandingkan CKD

Kelemahan

Harga jauh lebih mahal

Spare-part tidak mudah ditemukan, bahkan perlu mengimpor terlebih dahulu

CBU dan CKD memang memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Keduanya tetap memiliki peminat dan pembelinya masing-masing.

You May Also Like

About the Author: admin