Ingin Motor Matic Awet? Ikuti Tips Berikut!

oli motor terbaik untuk matic

Sudah banyak masyarakat di semua kalangan beralih menggunakan motor matic karena dirasa lebih memudahkan aktivitas berkendara. Untuk merawat motor matic sebenarnya tidak jauh berbeda dengan motor bebek atau motor sport. Tetapi, motor matic memang butuh perawatan khusus salah satunya adalah ganti oli secara berkala. Perawatan satu ini tergolong hal yang paling penting, untuk itu pergantian oli dilakukan sesuai dengan jadwal yang biasanya dilakukan rutin setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa juga untuk menggunakan oli motor terbaik untuk matic yang bisa Anda cek di sini https://ilti.idemitsu.com/id/productcategory/oli-mesin-motor. Selain menggunakan oli dengan kualitas terbaik, tips awet motor matic lainnya bisa Anda simak di bawah ini:

1. Panaskan motor setiap pagi. Rutin memanaskan motor merupakan salah satu cara merawat motor matic dengan tujuan oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga performa mesin bekerja lebih maksimal. Cara memanaskan motor matic yang baik yakni panaskan motor kurang lebih 5 menit hingga 10 menit serta sebaiknya menggunakan kick starter saja, jika menggunakan starter elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi baterai dari motor tersebut.

2. Jangan biarkan bensin hingga habis. Hindari kebiasaan buruk menyepelekan bensin ketika mau habis. Jika motor matic tiba-tiba mati karena Anda lupa mengisi bensin, maka mesin motor akan cepat turun performanya bahkan cepat rusak terutama untuk jenis motor matic injeksi. Maka dari itu itu usahakan selalu motor matic jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakankan motor berisi bahan bakar hingga full untuk mengantisipasi hal tersebut.

3. Perawatan aki. Tahukah Anda salah satu masalah yang sering terjadi ketika mengendarai motor matic adalah tiba-tiba mati aki? Untuk mengantisipasi hal ini, disarankan Anda harus rutin mengganti aki dalam kurun waktu 7 hingga 8 bulan sekali setelah terakhir diganti. Mati aki adalah keadaan di mana motor kehilangan power dan cahaya lampu akan berkurang. Akan sangat mengganggu jika aki mati ketika Anda sedang dalam perjalanan, untuk itu Anda harus menghidupkan motor harus menggunakan kick starter.

4. Rajin cuci motor. Jangan malas mencuci motor karena komponen di dalam motor matic akan lebih awet jika Anda rajin mencucinya. Selain itu, motor Anda juga akan nampak menarik dan terlihat seperti baru. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci sendiri, Anda bisa menggunakan jasa cuci motor terdekat.

Itu dia tips agar motor matic Anda agar selalu awet. Jangan sampai diremehkan,ya! Jika Anda sayang dengan motor Anda maka perawatan yang sudah disebutkan di atas akan terasa menyenangkan untuk dilakukan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin